Cara Menjalankan Kampanye Pemasaran Influencer yang Sukses di Instagram

“Orang-orang mempengaruhi orang. Tidak ada yang memengaruhi orang lebih dari sekadar rekomendasi dari teman tepercaya. Referensi tepercaya memengaruhi orang lebih dari sekadar pesan siaran terbaik. "- Mark Zuckerberg, Facebook

Pemasaran Influencer adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan praktik pemasaran di mana layanan pihak ketiga (influencer) dipanggil untuk memperkenalkan audiens baru ke suatu produk atau merek, dengan tujuan meningkatkan popularitasnya, dan akhirnya, penjualan.

Pemasaran influencer membutuhkan upaya minimal dan tidak memerlukan biaya dan kaki - apa lagi yang Anda inginkan sebagai bisnis? Bahkan, pemasaran Influencer mengambil dunia pemasaran online dengan badai, dan dari mulut ke mulut dengan cepat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru, dengan biaya terendah, dengan 92% konsumen beralih ke orang yang mereka kenal untuk referensi sebelum sumber lain (Tapinfluence + Influitif). Merek apa pun akan menjadi gila karena tidak ingin terlibat dalam aksi.

Cara Menjalankan Kampanye Pemasaran Influencer yang Sukses di Instagram

Cara Menjalankan Kampanye Pemasaran Influencer yang Sukses di Instagram

Bagaimana mengidentifikasi influencer ‘bagus’
Evaluasi konten mereka
Pertama-tama, Anda harus mencari gambar berkualitas terbaik yang melengkapi gaya Anda sendiri. Maka Anda juga perlu mempertimbangkan apakah akun yang memposting gambar ini memiliki jumlah pengikut yang bagus (yang mungkin jika gambar mereka berkualitas tinggi), serta tingkat keterlibatan di pos mereka.

Itu selalu baik untuk bekerja dengan influencer yang memiliki pengikut yang benar-benar terlibat dan tertarik - bukan hanya mereka yang memiliki komunitas Instagram terbesar. Alasan utama di balik ini adalah bahwa menggunakan bot dan strategi mengikuti / berhenti mengikuti, sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan banyak pengikut. Bagian yang lebih rumit adalah mengajak pengikut untuk terlibat. Jadi, jika Anda menemukan akun dengan ratusan ribu pengikut dan tingkat keterlibatan yang sangat rendah, Anda akan tahu bahwa mereka tidak benar-benar melakukan tugasnya memengaruhi komunitas, karena tidak ada yang tertarik.

Hitung tingkat keterlibatan
Untuk mengetahui tingkat keterlibatan akun yang Anda minati, Anda dapat melakukan salah satu dari dua hal. Klik masing-masing dari 10 entri terakhir pengguna dan catat jumlah suka dan komentar pada masing-masing. Anda kemudian dapat melakukan perhitungan sederhana untuk mendapatkan gambaran kasar tentang tingkat keterlibatan influencer untuk 10 posting terakhir: jumlah suka + jumlah komentar / jumlah pengikut x 100. Pembacaan yang jauh lebih akurat tentang keterlibatan influencer dapat dengan mudah divisualisasikan di Iconosquare dengan menambahkan akun yang Anda minati ke alat Pelacak Pesaing *, di mana Anda dapat memeriksa semua jenis metrik untuk dilakukan dengan kebiasaan pengeposan dan tingkat keterlibatan mereka dari waktu ke waktu.

Alat Pelacak Pesaing hanya tersedia jika Anda dan pesaing pilihan Anda memiliki Profil Bisnis di Instagram. Cari tahu cara mengonversi Bisnis di artikel ini.
Dengarkan insting Anda
Terakhir, influencer yang baik akan membuat diri mereka tersedia untuk diskusi dengan merek yang tertarik dengan layanan mereka. Dalam buku kami, influencer yang selalu tidak tersedia atau tidak dapat diandalkan dalam menanggapi pesan bukanlah seseorang yang harus Anda ajak berbisnis, tidak peduli seberapa hebat tingkat keterlibatan mereka! Anda harus memiliki perasaan yang baik bergerak maju dengan influencer apapun - setelah semua, mereka memiliki bisnis Anda di tangan mereka.

Influencer pada “pengalaman di platform” mereka
Instagram dapat menjadi platform yang sangat bermanfaat bagi merek dan pemberi pengaruh. Sebagai seorang influencer atau blogger, ia menawarkan kesempatan untuk memamerkan kreativitas Anda dan menggali semangat Anda lebih jauh sambil membangun komunitas pengikut yang berpikiran serupa dan mendukung. Influencer seperti Chloe Reed dari @ nothingtowear.blog berinteraksi dengan pengikut mereka setiap hari tidak hanya untuk mempertahankan minat dan keterlibatan dengan akun mereka, tetapi karena mereka benar-benar menikmatinya. Pengikut dapat menjadi lebih seperti teman, yang menjadikan menjadi influencer bahkan pengalaman yang lebih bermanfaat dan menyenangkan. Ikatan antara influencer dan pengikut sering kali lebih kuat daripada antara merek dan konsumen, dengan rasa kesetiaan mendalam yang dirasakan di kedua sisi.

nothingtowear.blog engagement di Instagram

Jika Anda memiliki alasan yang ingin Anda promosikan dan pesan untuk dibagikan, Instagram bisa menjadi platform yang sempurna untuk melakukan itu. Tiffany DeSilva (@tiffany_desilva) menjelaskan ini dengan lebih detail:

Kutipan Tiffany DeSilva Instagram

Sebagai merek, Anda ingin bekerja dengan influencer yang benar-benar menikmati apa yang mereka lakukan, memiliki keyakinan kuat pada merek dan pesan pribadi mereka sendiri, dan telah membangun pengikut setia berdasarkan hal ini. Seperti yang dikatakan Tiffany, “Sebagai pembuat konten, saya sedang dalam perjalanan untuk membuat konten yang disponsori dan tidak disponsori yang dianggap asli. Saya percaya bahwa dari bekerja dengan merek yang benar yang datang secara alami. ”Jika Anda berkolaborasi dengan influencer yang sangat selaras dengan nilai dan tujuan Anda, Anda akan mendapat manfaat dari hubungan berbasis kepercayaan antara influencer dan pengikut. Sebuah stempel persetujuan dari seseorang yang benar-benar percaya pada produk Anda, dan yang pendapatnya dihormati, dapat sangat berharga bagi bisnis Anda.

Mempengaruhi kampanye dan hasil pemasaran
51% dari pemasar mengatakan pemasaran influencer menghasilkan pelanggan yang lebih baik (Ketuk Pengaruh) dan dengan lebih baik, mereka berarti lebih setia. Konsumen lebih cenderung menjadi terpikat pada merek jika mereka tahu orang lain menggunakannya, terutama orang yang mereka cari.

Untuk mengetahui seberapa baik kinerja kampanye Influencer pemasaran Anda, Anda harus tetap memperhatikan data. Anda dapat menggunakan Instagram Insights untuk melacak statistik utama termasuk tayangan mingguan, jangkauan, tampilan profil dan klik tayang, dan untuk menerima informasi pada posting yang berkinerja terbaik.

Wawasan Instagram

Namun, ada batasan pada kesimpulan yang dapat Anda ambil dari data ini, karena sayangnya grafik dan bagan yang disediakan oleh Instagram Insights tidak sedetail mungkin. Misalnya, mereka tidak menawarkan angka pasti untuk setiap batang pada grafik rentang usia, dan kami juga dibatasi untuk data dari "minggu ini". Ingatlah bahwa untuk melakukan analisis terperinci atas keberhasilan strategi Anda, Anda perlu membandingkan jumlah data yang lebih besar selama berbulan-bulan.

Melihat data Instagram secara mendalam
Iconosquare menawarkan semua statistik yang perlu Anda pertimbangkan di satu tempat, dan memvisualisasikan angka dengan cara yang jelas dan mudah dicerna. Anda dapat melihat statistik Anda secara mendalam tanpa merasa kewalahan oleh data, baik Anda menggunakan seluler atau desktop. Sebaiknya gunakan Iconosquare dalam kombinasi dengan Instagram Insights - ada informasi spesifik tentang akun Anda yang hanya dapat diakses oleh Instagram, karena akses pihak ketiga ke API Instagram baru-baru ini terbatas. Namun, fitur yang dapat Anda akses menggunakan Iconosquare, seperti waktu terbaik untuk memposting, hashtag dan pelacakan pesaing, dan ekspor dan laporan (yang semuanya berguna untuk mengukur kinerja kampanye influencer Anda) tidak tersedia di Wawasan Instagram, jadi gunakan satu untuk melengkapi yang lain.

Instagram hashtags

KPI lain yang fokus untuk melacak efektivitas kampanye pemasaran influencer Anda adalah kesadaran merek, termasuk frekuensi penyebutan yang Anda terima dan sentimen seputar merek Anda, yang dapat dilacak dengan alat seperti SocialMention; konversi, dan penjualan. Untuk ini, gunakan Google Analytics untuk menyiapkan kampanye dan sasaran menggunakan tautan yang dapat dilacak untuk memisahkan konten influencer Anda dari konten merek Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat terus mengawasi aktivitas pada kampanye tertentu dan melihat berapa banyak lalu lintas dan berapa banyak konversi yang dihasilkan oleh konten Influencer Anda.

Tautan yang dapat dilacak Google

Bagaimana cara menemukan influencer untuk kampanye Instagram Anda
Mencari hashtag di Instagram
Salah satu cara untuk menemukan influencer yang cocok untuk merek Anda adalah dengan hanya mencari hashtag di platform Instagram yang mencerminkan apa bisnis Anda, misalnya #greenliving atau #minimalistfashion, dan temukan akun menggunakan hashtag yang sama. Gulirkan gambar terbaik dan akun yang paling sesuai hingga Anda memiliki daftar pendek dari orang-orang yang ingin Anda hubungi. Lebih sering daripada tidak, influencer potensial akan memiliki alamat email mereka terdaftar di bio Instagram mereka.

hashtag instagram mode minimalis

Mencari hashtag di Google
Anda juga dapat mencari hashtag di Google, yang akan memunculkan hasil dari Instagram dan Twitter. Jika Anda memilih hasil Instagram, Anda akan diarahkan ke daftar postingan yang terkait dengan hashtag yang Anda cari. Pos yang paling populer ada di bagian atas, diikuti oleh yang terbaru.

Namun, Anda mungkin ingin memfilter pos dan akun yang tidak cocok dengan merek Anda, karena menelusuri pos yang tampaknya tak terbatas yang terkait dengan tagar populer dapat sangat memakan waktu! Jika Anda adalah bisnis kecil hingga menengah yang ingin bekerja dengan 'mikro-influencer', atau mereka yang memiliki pengikut lebih kecil yang lebih mungkin bersedia berkolaborasi dengan merek yang kurang dikenal, maka Anda mungkin perlu melakukan sedikit lebih banyak penelitian, temukan influencer yang sempurna itu.

Berbagai cara untuk menghubungi influencer
Jadi, Anda telah menemukan influencer yang ingin Anda tangani - apa langkah selanjutnya?

Kirim Sebuah email
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda biasanya dapat menemukan alamat email di bio influencer yang menunjukkan bahwa mengirim email kepada mereka adalah cara terbaik untuk pergi. Anda tidak ingin email Anda disaring setelah menabrak kotak masuk mereka, jadi ingatlah untuk menggunakan header yang menarik perhatian yang meringkas penawaran Anda, dan buat garis besar proposal Anda dengan jelas dan ringkas. Buat email awal tetap singkat dan manis, tetapi pastikan Anda menyertakan semua informasi penting yang akan berguna bagi influencer Anda untuk mengetahui, seperti apa yang akan mereka promosikan, jumlah posting yang diperlukan, durasi kampanye, dan seterusnya.

instagram bio thehappytravellers

Pesan langsung
Sebagai alternatif, Anda dapat mengirim pesan langsung di Instagram dengan penawaran yang sama. Jika Anda mengikutinya, mereka akan segera menerima pesan Anda. Mengingat ini adalah platform tempat mereka menghabiskan banyak waktu mereka, itu adalah cara yang efektif untuk menjangkau. Namun, jika Anda berencana untuk bekerja dengan sejumlah influencer, itu bisa jadi rumit untuk mengatur dan melacak semua komunikasi Anda.

Kericau
Trik lain adalah mencari influencer Anda di Twitter dan menjangkau dengan tweet. Lebih sering daripada tidak, influencer menggunakan nama pengguna yang sama di semua situs media sosial secara khusus untuk memudahkan merek untuk menemukan mereka dan, tentu saja, untuk memperkuat merek pribadi mereka. Jadi, dapatkan tweeting!

Tatap muka
Jika memungkinkan, selalu ada baiknya untuk bertemu dengan influencer yang ingin Anda ajak berkolaborasi secara pribadi untuk menjabarkan secara jelas apa tujuan Anda, dan menetapkan apa yang mereka harapkan dari Anda sebagai balasannya. Ini adalah cara terbaik untuk menjawab setiap pertanyaan yang mungkin mereka miliki setelah kontak awal, dan untuk membantu mereka mengetahui produk atau layanan Anda sebelum memulai kampanye.

Apa yang benar-benar diinginkan influencer
Untuk lebih memahami apa yang mendorong para pemberi pengaruh untuk mengatakan ya kepada merek-merek tertentu, dan untuk menolak yang lain, kami meminta kelompok terpilih apa yang mereka pikir buat untuk proses kontak yang lancar dan sukses. Inilah yang mereka katakan:

Chloe tidak memberi pengaruh apa-apa kepada penakluk

instagram thehappytravellers

Kami juga cukup beruntung untuk bertemu dengan blogger dan influencer Amanda Champion, yang berbagi dengan kami wawasan, tips, dan pengalaman pribadinya sebagai seorang influencer Instagram.

instagram influencer aglamlifestyle

1. Seperti apakah pengalaman Anda sebagai influencer di Instagram sejauh ini?

Saya memulai blog saya dan situs sosial terkait sekitar dua tahun yang lalu dan itu sangat bermanfaat dan membuka mata. Saya pikir orang-orang melihat Influencer dan berpikir itu semua kemewahan dan glam. Namun, mereka tidak menyadari berapa banyak pekerjaan yang dapat masuk ke satu pos blog atau seberapa sulitnya untuk menumbuhkan pengikut yang otentik. Ini jauh lebih jenuh hari ini, tetapi jika Anda mengembangkan ceruk Anda, Anda dapat menjadi sukses.

2. Bagaimana Anda menyukai merek untuk menghubungi Anda tentang potensi kolaborasi? Apa beberapa praktik terbaik yang sangat menonjol bagi Anda ketika dihubungi oleh merek untuk kampanye?

Saya mencoba membuatnya semudah mungkin bagi calon mitra dan kolaborator untuk menemukan saya. Jadi, saya memasukkan alamat email saya di situs web saya dan di Instagram. Saya akan mengatakan saya mendapatkan 60-70% peluang saya melalui email langsung. Tapi, saya juga berpartisipasi dalam jaringan influencer seperti Kolektif, Kartu Fohr, Sosial Asli dan banyak lagi. Dari perspektif praktik terbaik (dan karena saya seorang pemasar sendiri), saya menghargai merek yang membuat email mereka singkat dan yang telah melakukan penelitian untuk mengetahui jenis produk apa yang saat ini saya pakai. Sering kali, peluang yang saya dapatkan tidak sesuai untuk pemirsa saya.

3. Apa yang membuat Anda menolak kolaborasi? Mengapa?

Saya menolak sekitar 80% dari kolaborasi yang diminta yang saya tawarkan untuk beberapa alasan. Sangat besar, alasan terbesar saya tidak menerima kampanye adalah kampanye itu tidak sesuai dengan pemirsa atau gaya saya. Pengikut saya mengharapkan tampilan tertentu dari saya dan sementara saya menyimpangkan sedikit untuk mencoba tren - saya tidak ingin mematikannya dengan meletakkan sesuatu di depan mereka, saya tidak akan membeli, memakai, atau pengalaman secara sah dengan uang saya sendiri.

4. Apa nilai-nilai pribadi Anda dalam mempromosikan produk untuk sebuah merek di Instagram?

Ini sederhana - saya tidak akan mempromosikan produk yang tidak akan saya beli dengan uang saya sendiri. Ketika saya mulai sebagai blogger dan influencer, mungkin ada beberapa pengecualian untuk aturan itu! Tapi, itu sesuatu yang saya patuh sekarang. Saya memulai blog saya sebagai outlet kreatif dan tidak menjadi bisnis, jadi saya masih menggambar garis yang cukup jelas tentang apa yang akan saya promosikan. Jika saya adalah blogger tetap dan itu adalah satu-satunya sumber penghasilan saya, itu mungkin lebih sulit.

5. Hasil apa yang Anda dapatkan dari kampanye pengaruh di masa lalu?

Ketika datang ke evaluasi kampanye, saya melihat beberapa poin data: 1) tampilan halaman situs web, 2) Tayangan / keterlibatan Instagram / regrams, dan 3) penjualan. Dua yang pertama cukup mudah, tetapi yang ketiga bisa sulit ketika Anda tidak mendorong pembaca Anda melalui sistem yang dapat dilacak seperti RewardStyle atau Shopstyle. Pada akhirnya, merek yang lebih strategis menginginkan foto berkualitas tinggi (bekerja dengan blogger jauh lebih terjangkau daripada pemotretan berbayar dengan model!) Dan penjualan. Namun, visibilitas secara umum masih kunci.

Dan inilah yang Amanda katakan tentang pengalamannya menggunakan Iconosquare:

“Saya telah menggunakan Iconosquare untuk tahun terakhir + dan itu menjadi kunci dalam membantu saya mengevaluasi kinerja postingan Instagram saya, baik itu dari perspektif waktu atau dari sudut pandang keterlibatan. Terutama dengan algoritme yang sering berubah, sebagai Influencer, Anda HARUS tetap di atas apa yang dikatakan pengikut Anda - tidak hanya dari komentar mereka, tetapi dari apa yang diperlihatkan oleh angka dan data Anda. ”

Jadi, Anda sekarang tahu siapa yang harus dicari dan bagaimana menemukannya ketika memulai kampanye influencer. Anda tahu bagaimana merencanakan suatu kampanye, dan bagaimana merumuskan semua pengantar penting untuk merek Anda dan strategi Anda untuk mendapatkan pemberi pengaruh terbaik. Dan, setelah itu aktif dan berjalan, Anda dapat melacak KPI yang membuktikan keberhasilan kolaborasi Anda. Kami berharap kampanye pemasaran influencer Anda berikutnya menetapkan Anda pada jalur untuk mencapai (dan melampaui!) Keseluruhan sasaran pemasaran Anda!

Komentar